Perayaan Maulid Nabi RT. 010 di Masa Pandemi

Kegiatanan Maulud Nabi dillaksanakan pada 20 Oktober 2021 Pada 19.00 WIB di Masjid Baitul Kharim Jl. Tanjung Raya RT. 010 RW. 004 Kelurahan Manisrejo Kecamatan Taman Kota Madiun.

Tradisi Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan dihampir semua masyarakat muslim di seluruh dunia merupakan tradisi kuat. Ada hal terpenting dalam peringatan Maulid Nabi, di antaranya memperkokoh keimanan kepada Allah dan Nabi Muhammad SAW

Melalui penanaman pada diri generasi muda tentang kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, akan melahirkan ketaatan kepada Allah dan Rasulullah dengan mengikuti Sunnah Rasulullah. Sehingga suri tauladan kehidupan (uswah hasanah) Muhammad SAW dapat diserap dalam pikiran dan perilaku mereka.

Masyarakat Muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti pembacaan shalawat nabi, pembacaan syair Barzanji dan pengajian. Menurut penanggalan jawa bulan rabiul awal disebut bulan Mulud, dan acara Muludan juga dirayakan dengan perayaan dan permainan gamelan sekaten. Dan tradisi endhog-endhogan yang dilaksanakan oleh masyarakat Jawa-Usingdi Banyuwangi, Jawa Timur.