Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat

Pelatihan Simulasi Bencana Berbasis Masyarakat se Kota Madiun di Ngrowo Bening Edu Park yang dilaksanakan pada 9 Juni 2023 Pukul 09.00 WIB.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Madiun laksanakan Penyegaran Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang bertempat di Bumi Perkemahan Ngrowo Bening. Apel penyegaran pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) di ikuti oleh BPBD, Damkar, Tagana, Pramuka, Anggota Destana Kel. Winongo, Peserta SIBAT dari Kecamatan, Kelurahan Kota Madiun pada 09/06/2023.

Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut Kepala OPD, Camat serta Lurah Wilayah Kota Madiun. Dalam sambutannya Walikota Madiun menyampaikan ucapan terima kasih khususnya buat relawan Kota Madiun atas kerja keras, kerja cerdas serta iklasnya dalam penanggulangan bencana karena tidak semua orang bisa terangnya.

Keterlibatan masyarakat dalam kesiapsiagaan bencana sangat diperlukan dikarenakan masyarakat menjadi salah satu ujung tombak dalam penanggulangan bencana. Penanggulangan bencana berbasis masyarakat merupakan upaya yang dilakukan oleh anggota masyarakat secara terorganisir baik sebelum, saat dan sesudah bencana dengan menggunakan sumber daya yang mereka miliki semaksimal mungkin untuk mencegah, mengurangi, menghindari dan memulihkan diri dari dampak bencana.

Seusai apel digelar, ditampilkan pula simulasi penanganan bencana yang dilaksanakan oleh peserta SIBAT, PMI berkolaborasi dengan BPBD dalam evakuasi korban bencana yang selanjutnya ditinjau oleh Walikota Madiun.

Harapannya dengan adanya pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) penanggulangan bencana dan pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada pada lingkungan setempat dapat lebih optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *