Pentingnya Drainase di Lingkungan Perumahan

Penggalian Saluranisasi di Jl. Tanjung Manis Gg. XIV RT. 007 RW. 003 oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang pada Selasa, 5 Oktober 2021 Pukul 09.00 WIB

Drainase adalah prasarana yang berfungsi mengalirkan kelebihan air dari satu tempat ke tempat lain, misalnya wadah air, baik yang alamiah maupun buatan. Kelebihan air kemudian dilanjutkan menuju laut, sungai, danau, sumur dan saranan resapan lainnya. Untuk itu, diperlukan sistem drainase yang baik, khususnya di kawasan yang ramai penghuni seperti perumahan maupun perkampungan.

Drainase memiliki peran yang sangat penting di kawasan berpenghuni. Sistem drainase yang baik membantu mencegah banyak persoalan, seperti mengurangi kemungkinan banjir, mengendalikan permukaan air tanah, erosi tanahm dan mencegah kerusakan jalan dan bangunan yang ada. Sistem drainase bisa dikatakan baik apabila bisa berhubungan secara sistematik antara satu dengan yang lainnya, yang bertujuan agar air mengalir atau berjalan dengan baik.

Dalam Kegiatan Pemerintah Kota Madiun melaksanakan Pembangunan-pembangunan yang ada di Wilayah Kelurahan masing-masing mulai memperbaiki Pembangunan Sarana Prasarana yang ada, guna terciptanya Lingkungan Kota Madiun yang aman dan Damai.